Kamis, 28 April 2011

Ikhwan-Akhwat juga manusia

Apa yang ada di benak anda ketika melihat sosok ikhwan atau akhwat ? mmm....sholih, sholihah, aktivis, rajin qiyamullail, rajin shoum, akhlaknya baik ....
Ya, itulah idealnya. Tapi sadarkah kita bahwa mereka juga manusia yang tak luput dari dosa dan alpha?

Terkadang kita memang penuh dengan husnudhon ketika menilai seseorang. Ini bukan hal yang salah memang, tapi satu hal yang harus kita ingat bahwa jangan pernah mengikuti prasangka baik kita dengan tuntutan bahwa mereka sesempurna yang kita inginkan. Karena jika itu kita lakukan, maka rasa kecewa karena kesalahan manusiawi seseorang akan membuat kita skeptis dan antipati. Karena sebagaimana kita, mereka juga kerap melakukan kekhilafan. terkadang bukan karena benar-benar lupa atau tidak tahu, tapi juga karena hawa nafsu.

Barangkali ini bisa menjadi renungan. Bagi  yang beraktivitas di dunia dakwah, kerap kali para "senior" dianggap sosok sempurna yang tak ada cela. Padahal mereka juga punya karakter yang kita harus bisa memakluminya. Atau bagi seseorang yang baru memulai kehidupan rumahtangganya. Sederet impian indah terbayang karena pernikahannya didasari dengan niat mencari ridho Alloh, dilalui dengan proses yang sesyar'i mungkin, dan dengan dien sebagai kriteria utama menentukan pilihannya. Namun siapa yang bisa mengelak, bahwa gejolak dalam rumah tangga pasti adanya. Sosok yang dulu kita pandang sempurna, sedikit demi sedikit terlihat celanya. Ternyata qiyamullailnya seminggu sekali tak pasti, gampang marah, tak pengertian, bahkan dengan laki-laki atau wanita ajnabi pun bisa sedemikian akrabnya, atau segudang keluhan-keluhan lain... Tak perlu ada rasa sesal, karena jika kita bermuhasabah, barangkali merekapun merasakan hal yang sama terhadap kita. Atau ada dosa kita yang menyebabkan Alloh mengingatkan kita lantaran mereka, atau itu ujian untuk kita.
Tapi yang jelas, asal berpositif thinking tak ada hal yang buruk yang Alloh hadirkan untuk kita ....

1 komentar:

  1. like this poko.e mba..skalian ijin share yaak..nih uul :D jazakumulloh

    BalasHapus